School of Mind Reprogramming - Sunday, April 20, 2014

Dave Elman

April 25, 2010 by  
Filed under hypnosis

DAVE ELMAN
by : Adi Irianto , CH, CHt.

www.mind-reprogramming.com

Dave Elman yang kita kenal saat ini lahir dengan nama David Kopelman pada tanggal 6 Mei 1900 di North Dakota, Amerika Serikat. Orang tuanya bernama Jacob dan Lena.  David mulai mengenal hypnosis pada usia kira-kira berumur 6 tahun, yaitu ketika ayahnya mulai belajar hypnosis. Suatu hari David  bersama ayahnya mengunjungi sanak keluarganya dan ayahnya mencoba menyembuhkan seorang gadis kecil yang mengalami gagap bicara .Ketika  Ayahnya melakukan hypnosis terhadap gadis itu gagapnya menjadi hilang. Meskipun, ketika trance-nya menghilang kesulitan bicara yang dialami gadis tersebut muncul kembali, namun ketertarikan si David kecil terhadap hypnosis mulai muncul.

Pengalaman yang lebih dramatis menimpa David yaitu ketika ayahnya Jakob didiagnosa mengidap kanker. Pada saat itu umur David baru 8 tahun dan ayahnya 42 tahun. Ayahnya memiliki kenalan seorang tokoh hypnosis  panggung pada jamannya (kira-kira sekarang seperti seorang Romi Rafael begitu) yang sangat terkenal. Tokoh ini mengetahui ayah David terkena kanker stadium akhir dan mengalami sakit yang luar biasa. Dia masuk kedalam rumah, ke kamar dan dalam beberapa menit bisa menghilangkan rasa sakit sang ayah. David kecil baru diijinkan masuk,ketika sang hipnotis keluar dari kamar. Kemudian David masuk dan bermain dengan ayahnya. Itulah saat terakhir ayahnya bermain dengannya, David mengingat bahwa ayahnya benar-benar bebas dari rasa sakit beberapa saat setelah kunjungan sang hipnotis.

Jacob meninggal pada bulan November 1908, meninggalkan istrinya yang sedang hamil dengan enam anak. Jadi pada masa awal remajanya, David bekerja serabutan untuk membantu keluarga. Dia adalah seorang musisi berbakat pada saksofon dan biola, dan seorang actor  pertujukan. Pekerjaannya ini membawa David ke Sirkus Vaudeville di New York pada tahun 1922 dan nama panggungnya adalah Elman, sebagai kependekan dari Kopelman dengan julukan “The World’s Youngest and Fastest Hypnotist”.

Selama tahun 1923-1928, Elman begitu ingin masuk ke radio dan ia mencari nafkah untuk hidup di siang hari pekerjaan dan bekerja secara gratis di berbagai jaringan radio pada malam hari dan hari libur dan akhir pekan karena radio mulai berdampak besar dalam negara ini. Pada tahun 1928, ia mendapatkan pekerjaan dengan mendapat gaji di  stasiun radio WHN, sebuah stasiun radio besar di New York City. Segera setelah itu, ia direkrut oleh Columbia Broadcasting System dan bekerja pada setiap stasiun radio besar di wilayah metropolitan New York, di mana ia dikenal sebagai seorang yang penuh ide.  Dia menulis, sebagai produser, sutradara dan tampil dalam acaranya sendiri maupun orang lain. Dave bekerja dengan nama-nama besar di radio. Segera, Elman menjadi orang top dalam jaringan radio pada waktu itu.

Pada tahun 1937, ia mendekati NBC, jaringan terbesar radio, dengan sebuah ide untuk acara baru: yaitu “Hobby Lobby”  pada Oktober 1937. Acara ini langsung meledak. Ribuan orang mengirimkan surat untuk menceritakan hobby mereka. Banyak selebritis juga bersedia tampil diacara Elman tersebut, termasuk istri presiden AS waktu itu Eleanor Roosevelt. Hingga akhirnya, Elman memutuskan untuk mengajar hypnosis kepada para dokter dan dokter gigi.

Banyak orang showbiz  melakukan pekerjaan amal dan Dave tidak terkecuali.  Pada tahun 1948, ia mengatur suatu acara, tetapi  beberapa hari sebelum tanggal menunjukkan ia diberitahu bahwa kelompok itu tidak akan kembali ke kota ini hingga tanggal acara tersebut.. Elman merasa terpojok ,  mustahil untuk mendapatkan kelompok lain  dalam waktu sesingkat itu. Apa yang bisa ia lakukan? Bagaimana ia bisa menghibur penonton selama beberapa jam? Akhirnya muncul gagasan yaitu pertunjukan hipnosis, sesuatu yang tidak dilakukan dalam beberapa tahun. Pertunjukan  sukses dan sesudah itu ia didekati oleh sekelompok dokter yang memintanya untuk mengajari mereka apa yang dia tahu tentang hipnosis. Rupanya, meskipun mereka telah mengikuti pelatihan hypnosis dan mereka semua mencoba,  tapi gagal. Dave setuju untuk mengajar mereka dan memberi kursus kepada dua puluh dokter. Ketika program itu selesai, telah menunggu lainnya 20 orang lagi, dan seterusnya sehingga program itu semakin bertumbuh.

Akhirnya, Elman menerbitkan pelatihannya berupa seri pelajaran sebelum dibukukan dalam buku “Findings in Hypnosis”, yang kemudian diganti judul menjadi “ Hypnotherapy” (diterbitkan oleh Westwood Publishing)

Buku itu memuat dua teknik induksi Dave Elman yaitu The Handshake technique dan Two-finger eye-closure method. Definisi Hypnosis menurut Elman adalah state of mind (suatu kondisi pikiran) yang dicapai dengan cara melewati bagian kritis dari pikiran sadar, sehingga memasuki kondisi selective thinking.

Jadi penting untuk disadari bahwa seseorang belum dalam kondisi trance hypnosis selama belum masuk ke fase selective thinking. Selective thinking adalah kondisi dimana subyek percaya sepenuh hati. Sebagai contoh, jika anda diarahkan untuk percaya tidak akan merasakan sakit, dan anda percaya sepenuhnya, anda akan tidak merasa sakit. Sedikit saja ada keragu-raguan muncul dan selective thinking buyar, maka critical area akan menutup kembali.

(bersambung Induksi The handshake dan two-finger)

Sumber : Dave Elman – Wikipedia.

Dave Elman – Hypnotherapy, Westwood publishing co.

Anda tertarik untuk belajar hipnoterapi ?

Klik : http://www.mind-reprogramming.com/belajar-hipnoterapi-comprehensive-clinical-hypnotherapy-basic-level-22-23-mei-2010/

Atau

http://www.mind-reprogramming.com/belajar-hipnoterapi-comprehensive-clinical-hypnotherapy-basic-level-13-14-mei-2010/

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

*


8 × = forty eight